Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bola Takraw

Pengertian bola takraw

Pengertian bola takraw

Menurut Sulaiman (2004: 4), sepaktakraw merupakan suatu permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan, dimainkan di atas lapangan yang datar berukuran panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Ditengah-tengah dibatasi oleh jaring net setinggi 1,55 m. Dalam permainan ini yang dipergunakan terutama kaki dan semua

Apa saja teknik dasar sepak takraw?

Teknik sepakan pada permainan sepak takraw terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  • Sepak Sila.
  • Sepak Kura atau Sepak Kuda.
  • Sepak Cungkil.
  • Sepak Badek atau Sepak Simpuh.
  • Sepak Mula atau Servis.
  • Sepak Tapak.

Jelaskan bola takraw Terbuat dari plastik apa?

Bola sepak takraw mempunyai bentuk yang bulat dan terbuat dari bahan rotan atau plastik sintetis (synthetic fibre).

Dari mana asal sepak takraw?

Sepak takraw berasal dari zaman Kesultanan Melayu. Olahraga ini tercipta sekitar 634-713 Masehi. Pada zaman kesultanan Melayu, tepatnya pada sekitar abad ke-15, sepak takraw pertama kalinya dimainkan dalam sejarah. Pada waktu itu, sepak takraw masih disebut dengan sepak raga.

Apa tujuan dari permainan sepak takraw?

Tujuan dari permainan ini adalah menendang bola melewati net dan ke lapangan lawan untuk mencetak poin. Berbeda dari permainan bola voli, pemain sepak takraw tidak boleh melakukan kontak bola dengan tangan atau lengan. Namun, pemain diperbolehkan untuk menggunakan kaki, kepala, dan dada untuk menyentuh bola.

Apakah bola takraw termasuk dalam permainan bola besar?

Materi permainan sepak takraw merupakan salah satu materi yang termasuk kedalam permainan bola besar. Sepak takraw adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing berjumlah 3 orang di atas lapangan empat persegi panjang dengan ukuran 13,40 x 6,10 meter.

Berapa skor sepak takraw?

Permainan sepak takraw akan dilakukan dengan dua set. Masing-masing setnya akan selesai apabila ada regu yang mencapai poin 21. Jika poin masing-masing tim seri di angka 20-20. Maka dari itu, permainan dilanjutkan hingga salah satu tim punya selisih skor sebesar 2 dan maksimal skor yang didapatkan per tim adalah 25.

Berapa ukuran lapangan sepak takraw?

Panjang dari lapangan sepak takraw berukuran 13,40 m dan untuk lebar lapangan sepak takraw berukuran 6,10 m atau 44 kaki x 20 kaki. Apabila sepak takraw dilakukan di lapangan indoor, maka tinggi lapangan indoor minimal berukuran 8 m dari permukaan lantai lapangan.

Apa nama tendangan dalam permainan sepak takraw?

Teknik dasar pertama dalam bermain sepak takraw adalah inside kick atau tendangan menggunakan kaki bagian dalam. Inside kick adalah teknik tendangan paling umum digunakan dalam sepak takraw yang berguna untuk mengontrol bola.

Berapa diameter bola takraw?

Panjang lapangan sepak takraw sesuai standar internasional adalah 13,4 meter. Kemudian untuk lebar, lapangan yang digunakan untuk memainkan olahraga sepak takraw ini berukuran 6,1 meter. Diameter untuk servis berukuran 0,3 meter.

Mengapa bola Takraw Terbuat dari rotan?

Tanaman rotan menjadi komponen penting dalam sepak takraw karena merupakan bahan dasar untuk membuat bola takraw. Tak ada akar rotan pun jadi.

Siapa yang menciptakan sepak takraw?

Dalam sejarahnya, sepak takraw sendiri ditemukan atau diciptakan pertama kali oleh Kesultanan Melayu pada tahun 634-713 yang dulu lebih dikenal dengan istilah Sepak Raga.

Berapa berat bola sepaktakraw dan terbuat dari apa?

Bola sepak takraw harus bulat, terbuat dari rotan atau satu lapisan anyaman serta sintetis atau bahan lain yang disetujui ISTAF, dan memiliki 12 lubang serta 20 perpotongan. Berat bola pada putra 170 – 180 gram. Berat bola untuk putri 150 – 160 gram. Sedangkan untun usia dini berat 145 – 150 gram (lentur dan lembut).

Apa nama organisasi sepak takraw?

Persatuan Sepak Takraw Indonesia.

Berapa kali servis dalam sepak takraw?

Servis dalam permainan sepak takraw dilakukan oleh seorang diri dengan lambungan sendiri melalui sepak mula yang dilakukan di belakang garis atau base line. Servis dilakukan secara bergantian sebanyak 3x dalam melakukan servis.

Apakah sepak takraw bisa pake kepala?

Selama permainan berlangsung, pemain tidak boleh sama sekali menggunakan tangan dan hanya boleh menggunakan kaki, kepala, dada, dan dengkul untuk menyentuh bola. Sepak takraw berasal dari kawasan Asia Tenggara dan populer di beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Apa saja nomor nomor yang dipertandingkan serta jumlah masing masing permainan sepak takraw?

Dalam permainan sepak takraw ada empat nomor yang kini dipertandingkan, seperti: nomor tim yang beranggotakan 12 orang terdiri dari tiga regu dan masing-masing regu mempunyai cadangan 1 orang, nomor regu yang beranggotakan 5 orang terdiri dari 3 orang pemain utama dan 2 orang cadangan, nomor double event yang

Apakah bola takraw termasuk permainan tradisional?

Sepak takraw merupakan permainan sepak raga yang telah dimodivikasi untuk dijadikan sebuah permianan yang kompetitif. Sepak raga sebagai dasar permainan sepaktakraw adalah olahraga permainan tradisional Indonesia dimainkan oleh 6 – 7 orang secara melingkar.

Apa saja peraturan bola takraw?

Aturan Permainan Sepak Takraw Pelambung harus segera melambungkan bola begitu wasit menyebut angka. Jika pemain mendahuluinya, lambungan harus diulang dan pemain tersebut diberi peringatan. Servis dinyatakan sah jika bola telah melewati net, baik menyentuh atau tidak dan jatuh di lapangan lawan.

Langkah langkah bermain takraw?

Berdiri dan mengambil sikap kuda kuda. Condongkan badan kebelakang, kemudian letakkan kedua tangan berada di samping badan dan bengkokkan siku anda. Pandangan mata kearah bola dan tempat sasaran yang ditujuh.

12 Pengertian bola takraw Images

Sepak Takraw  Sports wallpapers Advanced typography Presentation

Sepak Takraw Sports wallpapers Advanced typography Presentation

Sepak Takraw PNG Transparent Sepak Takraw Action Sepak Takraw

Sepak Takraw PNG Transparent Sepak Takraw Action Sepak Takraw

Directed by Achero Maas of El Bola fame A father and daughter film

Directed by Achero Maas of El Bola fame A father and daughter film

Sepak Takraw court sport outdoor for for playing sepak takraw ball or

Sepak Takraw court sport outdoor for for playing sepak takraw ball or

Kau butuh perhatian dia butuh pengertian di situ kalian berpisah

Kau butuh perhatian dia butuh pengertian di situ kalian berpisah

Volleyball  Football  Sepak Takraw HD  YouTube  Youtube logo

Volleyball Football Sepak Takraw HD YouTube Youtube logo

Setiap gw liat bola lu ADICK gw yang di bawah selalu bangun guan

Setiap gw liat bola lu ADICK gw yang di bawah selalu bangun guan

Contemporary Print Big Pink Bubble Gum Bubble Being Blown by  Etsy UK

Contemporary Print Big Pink Bubble Gum Bubble Being Blown by Etsy UK

Sepak Takraw Player Kicks the Ball  nicolas holzheu  Sepak Takraw

Sepak Takraw Player Kicks the Ball nicolas holzheu Sepak Takraw

AC Milan ha condiviso un post su Instagram Welcoming our new

AC Milan ha condiviso un post su Instagram Welcoming our new

Hanuman e o Sepak Takraw por dontorelly Hanuman Weird Graphic

Hanuman e o Sepak Takraw por dontorelly Hanuman Weird Graphic

Post a Comment for "Pengertian Bola Takraw"